Penempuhan TKK Bersepeda dan Berenang

Salam Pramuka!

Halo, 
Pada tanggal 28 September 2019 lalu, HW Scout melalukan penempuhan TKK bersepeda dan berenang yang dilakukan di Wisata Air Sumber Sugih Waras yang terletak di Jl. Thamrin, Krajan, Dukuh, Kec. Ngadiluwih, Kediri, Jawa Timur. Kegiatan kali bukan hanya untuk penempuhan tetapi sekaligus refreshing. Kegiatan ini diikuti oleh kelas VII, VIII, dan IX. 

Dalam kepramukaan, Tanda Kecakapan Khusus (TKK) adalah tanda yang diberikan kepada peserta didik sebagai bentuk apresiasi atas kemampuan seorang peserta didik dalam suatu bidang tertentu. TKK bersifat opsional bagi peserta didik, sehingga seorang peserta didik dapat memiliki TKK yang berbeda dari peserta didik lain.

TKK atau Tanda Kecakapan Khusus adalah tanda yang menunjukkan kecakapan, kepandaian, keterampilan, kemampuan sikap dan usaha seorang pramuka di bidang tertentu, sesuai dengan usia, jenis kelamin dan kemampuan jasmani dan rohani.

Dan dalam penempuhan kali ini adalah penempuhan TKK Perenang di Bidang Kesehatan dan ketangkasan. 

Perjalanan untuk sampai di tempat ini, kami menggunakan sepeda untuk alat transportasi. Menggunakan sepeda juga sekaligus melakukan penempuhan TKK Pengendara Sepeda. Pengendara Sepeda termasuk pada Bidang Ketrampilan dan tekhnik pembangunan. 

Tingkatan TKK dalam Gerakan Pramuka dibagi menjadi tiga. Untuk mencapai tingkatan selanjutnya, seorang Pramuka harus memenuhi syarat yang ditentukan dalam Syarat Kecakapan Khusus (SKK). Ada tiga yaitu:
1.Purwa: merupakan tingkatan terendah dalam TKK, berbentuk lingkaran.
2.Madya: merupakan tingkatan TKK tingkat menengah, berbentuk persegi.
3.Utama: merupakan tingkatan tertinggi TKK, berbentuk segi lima. 

Berikut beberapa dokumentasi kegiatan 


Kesokan harinya kami mendapatkan undangan dari SMPN 2 KRAS untuk berkunjung ke perkemahan mereka, kami dan perwakilan SMPN 3 KRAS berkenan untuk berkunjung bersama, kami bersyukur karena kita semua dapat dipertemukan kembali dengan keadaan sehat walafiat sekaligus lebih mempererat tali silaturahmi dan kebersamaan yang tinggi. 


Terima kasih untuk undangan dari SMP N 2 KRAS, dan terima kasih untuk SMP N 3 KRAS yang telah menyempatkan waktu untuk berkunjung bersama kami.